Sabtu, 06 Oktober 2012

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi


Segmentasi Pasar adalah kegiatan pengelompokan suatu pasar berdasarkan kebutuhan barang, produk atau jasanya masing-masing. Dilihat berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama (Jerry W Thomas - 2007). Sedangkan menurut Michael Richarme (2004), tujuan segmentasi adalah membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang berbeda sedemikan hingga pesan pemasaran dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen tersebut.
Segmentasi Pasar terdiri dari:
1.     Segmentasi Demografi, yaitu segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
2.    Segmentasi geografi, yaitu segmen berdasarkan bata-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
3.    Segmentasi Psikografi, yaitu segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup prilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Berdasarkan gaya hidup, struktur sosial dan kebiasaan.
4.    Segmentasi Tingkah Laku ( Rutin atau Tidak Rutin ), yaitu mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk. Banyak pemasar yakin bahwa variabel tingkah laku merupakan awal paling baik untuk membentuk segmen pasar.
5.    Segmentasi Distribusi yaitu segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja
6.    Segmentasi Media yaitu segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah  produk elektronik hanya dipasarkan melalu promosi gencar hanya melalui TV saja
7.    Segmentasi Harga  yaitu berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah)
8.    Segmentasi Waktu yaitu segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuh toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau malah buka 24 jam
Kegunaan Segmentasi Pasar, yaitu:
1.    Dapat lebih focus menawarkan produk
2.    Bisa lebih hemat biaya promosi
3.    Dapat tercapainya kebutuhan yang maksimal
4.    Dapat mendeteksi kecenderungan pasar yang sering berubah
Syarat-syarat terbentuknya pasar, antara lain:
1.    Adanya penjual dan pembeli
2.    Adanya barang atau jasa yang dipasarkan
3.    Adanya transaksi
4.    Adanya tempat dan waktu yang disepakati
Syarat identitas Segmentasi Pasar, diantaranya:
            1. Homogen di dalam segmen tersebut
2. Heterogen antar segmen
3. Segmen dapat diukur dan memang penting
4. Segmen dapat dibedakan secara jelas dari segmen lainnya
5. Segmen dapat diakses atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan
6. Segmen dapat menjadi sasaran yang menguntungkan

Penggolongan Pasar:
1.    Berdasarkan waktu terjadi:
·         Pasar harian
·         Pasar mingguan
·         Pasar bulanan
·         Pasar tahunan
2.    Berdasarkan wujudnya:
o   Abstrak
Contoh: Penjualan saham dan Pasar Bursa Efek
o   Konkrit/nyata
3.    Berdasarkann luas jangkauan / Ruang Lingkup:
·         Pasar Lokal
·         Pasar Nasional
·         Pasar Internasional
4.    Berdasarkan hubungannya dengan proses produksi:
o   Output: Barang atau produksinya siap pakai.
o   Input: Barang atau produknya setengah jadi.
5.    Berdasarkan strukturnya:
·         Pasar Persaingan sempurna
Pembelinya banyak, penjualnya banyak. Jadi transaksi normal.
·         Pasar Persaingan tidak sempurna
ü  Pasar monopoli
ü  Pasar poligopoli
ü  Pasar monopsoni

(Sumber: www.google.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar