Bagi sebagian orang bekerja di suatu pabrik atau perusahaan besar memang agak sulit untuk dilakukan. Ada bebagai alasan yang melatar belakangi hal tersebut. Ada yang karena malas bekerja, tidak memiliki kemampuan mencapai syarat-syarat yang banyak dari setiap perusahaan yang mereka inginkan, tidak perpendidikan tinggi, bosan bekerja, dsb.
Namun itu semua bukan merupakan suatu halangan. Banyak diantara beberapa dari orang-orang tersebut yang malah lebih pintar dalam membaca peluang usaha yang ada. Mereka dapat lebih maju. Merekalah para pembisnis yang cepat maju. Untuk memperjelas pernyataan tersebut, saya akan memberikan sebuah contoh yang ada dalam lingkungan tempat saya tinggal.
Lingkungan tempat tinggal saya merupakan perumahan yang luas dan hampir semua rumah berpenghuni, baik yang sudah berkeluarga maupun yang masih sendiri. Ada yang merupakan rumah sendiri dan ada yang hanya rumah kontrakan. Biasanya yang menghuni rumah-rumah kontrakan tersebut pasangan-pasangan muda ataupun yang masih single. Selain rumah ada pula toko-toko yang menyebar di depan perumahan. Dari sekian banyak toko, belum ada satupun yang menyediakan jasa laundry pada saat itu. Dan satu ketika akhirnya ada seseorang yang berinisiatif membuka usaha laundry. Mencoba usaha itu dan menjalankannya. Melihat dari banyaknya kebutuhan bagi mereka-mereka warga perumahan yang rata-rata berkarir dan memiliki waktu yang sedikit untuk mencuci. Dan mereka pun lebih memilih jasa laundry tersebut untuk meringankan pekerjaannya di rumah. Pelanggan datang satu demi satu dan percaya pada penawaran yang ada. Dalam sesaat usaha kecil ini pun meningkat dan semakin berkembang.
Dengan majunya usaha laundry tersebut dan menigkatnya permintaan, ternyata menarik pembisnis lain yang ingin mengikuti jejak usaha itu. Mulai muncullah usaha laundry yang lain. Toko itu pun bersaing dalam menawarkan jasa yang sama. Mencari kesamaan dan membuat perbedaan. Dengan keberanian dalam mengambil resiko, pengusaha kedua itu mendirikan usahanya. Dan kini dengan percaya diri dan optimis membuka usaha laundry tepat di samping perumahan itu. Keduanya telah memiliki pelanggan yang banyak. Toko laundry yang kedua ini merupakan pesaing yang potensial merebut pasar. Usaha laundry yang pertama dan yang keduapun mengatur strategi untuk bisa saling memenangkan pelanggan yang datang. Mereka saling membaca persaingan yang ada. Saling menawarkan inovasi-inovasi baru yang ada lebih menarik untuk menguasai pasar. Dan mencirikan keorsinilan hasil dari usahanya. Keduanya memiliki peluang untuk maju menjadi yang nomor satu. Kini keduanya menawarkan teknologi yang lebih baik. Dan setiap tokonya selalu mencoba mempertahankan prestasinya dengan mempertahankan kepercayaan dari para pelanggannya dan berusaha meningkatkan pelanggannya. Kini hanya tinggal selera bagi pelanggannya yang menentukan terlepas dari kemampuan dari para pengusaha tersebut. Dan bagaimana mereka bisa mengatur dan terus berinovasi agar tetap bertahan dalam persaingan yang ada di masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar