Pembelian adalah
penemuan sumber dan pemesanan bahan, jasa, dan perlengkapan. Kegiatan tersebut
terkadang disebut pengadaan barang. Tujuan utamany adalah memperoleh barang
dengan biaya serendah mgungkin yang konsisten dengan kualitas dan jasa yang
dipersyaratkan.
Menurut Sofjan
Assauri (2008,p.223) Pembelian merupakan
salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi suatu perusahaan.
Fungsi ini dibebani tanggung jawab untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas
bahan-bahan yang tersedia pada waktu yang dibutuhkan dengan harga yang sesuai
dengan harga yang berlaku.
Menurut Mulyadi (2007,p.711)
aktivitas dalam proses pembelian barang adalah permintaan pembelian, pemilihan
pemasok, penempatan order pembelian, penerimaan barang, dan pencatatan
transaksi.
Brown dkk.
(2001:132) mengatakan bahwa secara umum pembelian bisa didefinisikan sebagai:
“managing the inputs into the organization’s transformation (production
process).” Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa pembelian
merupakan pengelolaan masukan ke dalam proses produksi organisasi.
Pendapat
Galloway dkk. (2000:31) mengenai fungsi pembelian, yaitu: “The role of
purchasing function is to make materials and parts of the right quality, and
quantity available for use by operations at the right time and at the right
place.” Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa peran fungsi
pembelian adalah untuk mengadakan material dan part pada kualitas yang tepat
dan kuantitas yang tersedia untuk digunakan dalam operasi pada waktu yang tepat
dan tempat yang tepat.
Beberapa alasan mengapa
pembelian merupakan area yang penting yang dikemukakan Brown dkk. (2001:131),
yaitu:
1. Fungsi pembelian memiliki
tanggung jawab untuk mengelola masukan perusahaan pada pengiriman, kualitas dan
harga yang tepat, yang meliputi bahan baku, jasa dan sub-assemblies untuk
keperluan organisasi.
2. Berbagai penghematan yang
berhasil dicapai lewat pembelian secara langsung direfleksikan pada lini dasar
organisasi. Dengan kata lain, begitu penghematan harga dibuat, maka akan
mempunyai pengaruh yang langsung terhadap struktur biaya perusahaan. Sehingga
sering dikatakan bahwa penghematan pembelian 1% ekivalen dengan peningkatan
penjualan sebesar 10%.
3. Pembelian dan suplai material
mempunyai kaitan dengan semua aspek operasi manajemen.Fungsi pembelian
sering dianggap sebagai bagian yang paling penting dan berpengaruh, bahkan bisa
dikatakan sebagian besar proses bisnis berasal dari kegiatan pembelian. Alasan
yang sangat fundamental untuk membahas fungsi pembelian ialah karena dalam
bidang ini pemborosan mudah terjadi, baik karena perilaku yang disfungsional
maupun karena kurangnya pengetahuan dalam berbagai aspek pembelian bahan,
sarana, prasarana dan suku cadang yang diperlukan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar