Segmentasi Pasar adalah kegiatan
pengelompokan suatu pasar berdasarkan kebutuhan barang, produk atau jasanya
masing-masing.
Karawang merupakan kota berkembang.
Banyak produsen yang mulai bermunculan tampil di dunia bisnis yang menjanjikan
di kota ini. Mulai dari produsen pakaian, makanan, mainan anak kecil, furnitur,
sampai karya seni hadir disini. Ditambah dengan para pendatang yang
mempengaruhi jumlah penduduk yang meningkat di Karawang ini membuka peluang
bisnis yang sangat baik. Satu per satu produsen bertambah tapi tak ada satu pun
pasar yang sepi, semua diramaikan para pembeli yang berdatangan.
Pasar-pasar yang ada sangatlah tertata
rapi dari segi pengelompokkannya atau segmentasi pasarnya. Mulai dari penataan berdasarkan
produk yang dipasarkan, penawaran jasa, dsb. Sebagai contohnya di daerah
Tuparev banyak ragam penjualan yang tertata rapi. Sepanjang jalan raya berjajar
toko-toko atau restaurant dari mulai kue-kue sampai makanan-makanan berat,
alat-lat elektronik. Di Pasar Karawang berjajar toko-toko pakaian,
makan-makanan basah, dan makanan-makanan kering. Lain lagi di daerah Seroja,
belakang Tuparev berjajar penjual-penjual buah, hewan peliharaan, ada pula
penjual-penjual yang menyediakan papan reklame, plat nomor kendaraan bermotor, alat-alat
perlengkapan sekolah,dsb.
Dengan segmentasi pasar yang rapi
inilah yang memudahkan para penduduk di kota ini untuk mencari keperluan yang
mereka butuhkan. Dalam sekali perjalanan mereka dapat menghemat waktu
memperolehnya. Dan penjual pun dapat keuntungan secara cepat. Banyak pembeli
yang tidak sengaja ikut membeli barang dagangannya tanpa direncanakan
sebelumnya. Sebagai contoh, ketika kita membeli makanan basah di dekat
toko-toko pakaian. Saat sambil menunggu makanan jadi, biasanya kita akan sambil
melihat-lihat pakaian yang disediakan di toko-toko dekat penjual makanan itu.
Karena kita membawa uang lebih, pasti ada yang tertarik kita akan membelinya.
Dengan segmentasi ini kita dapat keuntungan waktu sebagai konsumen dan produsen
mendapat keuntungan penjualannya bertambah dan menghemat biaya promosi.
Meski pun pusat kota Karawang tidak
begitu luas, tapi segala yang dibutuhkan terdapat lengkap disini. Memudahkan
penduduk Karawang dengan kelengkapan yang serba ada. Sesuai dengan materi mengenai fungsi-fungsi
dari segmentasi pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar