Cari Blog Ini

Sabtu, 06 Oktober 2012

Penerapan Segmentasi Pasar di Pusat Kota Karawang



Segmentasi Pasar adalah kegiatan pengelompokan suatu pasar berdasarkan kebutuhan barang, produk atau jasanya masing-masing.
Karawang merupakan kota berkembang. Banyak produsen yang mulai bermunculan tampil di dunia bisnis yang menjanjikan di kota ini. Mulai dari produsen pakaian, makanan, mainan anak kecil, furnitur, sampai karya seni hadir disini. Ditambah dengan para pendatang yang mempengaruhi jumlah penduduk yang meningkat di Karawang ini membuka peluang bisnis yang sangat baik. Satu per satu produsen bertambah tapi tak ada satu pun pasar yang sepi, semua diramaikan para pembeli yang berdatangan.
Pasar-pasar yang ada sangatlah tertata rapi dari segi pengelompokkannya atau segmentasi pasarnya. Mulai dari penataan berdasarkan produk yang dipasarkan, penawaran jasa, dsb. Sebagai contohnya di daerah Tuparev banyak ragam penjualan yang tertata rapi. Sepanjang jalan raya berjajar toko-toko atau restaurant dari mulai kue-kue sampai makanan-makanan berat, alat-lat elektronik. Di Pasar Karawang berjajar toko-toko pakaian, makan-makanan basah, dan makanan-makanan kering. Lain lagi di daerah Seroja, belakang Tuparev berjajar penjual-penjual buah, hewan peliharaan, ada pula penjual-penjual yang menyediakan papan reklame, plat nomor kendaraan bermotor, alat-alat perlengkapan sekolah,dsb.
Dengan segmentasi pasar yang rapi inilah yang memudahkan para penduduk di kota ini untuk mencari keperluan yang mereka butuhkan. Dalam sekali perjalanan mereka dapat menghemat waktu memperolehnya. Dan penjual pun dapat keuntungan secara cepat. Banyak pembeli yang tidak sengaja ikut membeli barang dagangannya tanpa direncanakan sebelumnya. Sebagai contoh, ketika kita membeli makanan basah di dekat toko-toko pakaian. Saat sambil menunggu makanan jadi, biasanya kita akan sambil melihat-lihat pakaian yang disediakan di toko-toko dekat penjual makanan itu. Karena kita membawa uang lebih, pasti ada yang tertarik kita akan membelinya. Dengan segmentasi ini kita dapat keuntungan waktu sebagai konsumen dan produsen mendapat keuntungan penjualannya bertambah dan menghemat biaya promosi.
Meski pun pusat kota Karawang tidak begitu luas, tapi segala yang dibutuhkan terdapat lengkap disini. Memudahkan penduduk Karawang dengan kelengkapan yang serba ada.  Sesuai dengan materi mengenai fungsi-fungsi dari segmentasi pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar