Segmentasi Pasar adalah kegiatan
pengelompokan suatu pasar berdasarkan kebutuhan barang, produk atau jasanya
masing-masing. Dilihat berdasarkan
kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama (Jerry W Thomas - 2007).
Sedangkan menurut Michael Richarme (2004),
tujuan segmentasi adalah membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang
berbeda sedemikan hingga pesan pemasaran dapat dirancang sesuai dengan
kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen tersebut.
Segmentasi
Pasar terdiri dari:
1. Segmentasi
Demografi, yaitu segmen pasar berdasarkan karakteristik
atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk
jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri
individu lainnya.
2.
Segmentasi
geografi, yaitu segmen berdasarkan bata-batas wilayah
tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di
wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
3.
Segmentasi
Psikografi, yaitu segmen berdasarkan analisis multivariate
(banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup prilaku, nilai yang dianut,
sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Berdasarkan gaya hidup, struktur sosial dan kebiasaan.
4.
Segmentasi
Tingkah Laku ( Rutin atau Tidak Rutin ), yaitu mengelompokkan pembeli
berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap
suatu produk. Banyak pemasar yakin bahwa variabel tingkah laku merupakan awal
paling baik untuk membentuk segmen pasar.
5.
Segmentasi Distribusi
yaitu segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah
produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian
hanya dijual pada satu butik terkenal saja
6.
Segmentasi Media yaitu
segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalu
promosi gencar hanya melalui TV saja
7.
Segmentasi Harga yaitu berdasarkan perbedaan harga, misalnya
sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis
berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah)
8.
Segmentasi Waktu yaitu
segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya
sebuh toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain,
atau malah buka 24 jam
Kegunaan
Segmentasi Pasar, yaitu:
1. Dapat lebih focus menawarkan produk
2.
Bisa
lebih hemat biaya promosi
3. Dapat tercapainya kebutuhan yang
maksimal
4. Dapat mendeteksi kecenderungan pasar
yang sering berubah
Syarat-syarat
terbentuknya pasar, antara lain:
1.
Adanya
penjual dan pembeli
2.
Adanya
barang atau jasa yang dipasarkan
3.
Adanya
transaksi
4.
Adanya
tempat dan waktu yang disepakati
Syarat
identitas Segmentasi Pasar, diantaranya:
1. Homogen
di dalam segmen tersebut
2. Heterogen antar
segmen
3. Segmen dapat diukur
dan memang penting
4. Segmen dapat
dibedakan secara jelas dari segmen lainnya
5. Segmen dapat diakses
atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan
6. Segmen dapat menjadi
sasaran yang menguntungkan
Penggolongan
Pasar:
1.
Berdasarkan
waktu terjadi:
·
Pasar
harian
·
Pasar
mingguan
·
Pasar
bulanan
·
Pasar
tahunan
2.
Berdasarkan
wujudnya:
o
Abstrak
Contoh:
Penjualan saham dan Pasar Bursa Efek
o
Konkrit/nyata
3.
Berdasarkann
luas jangkauan / Ruang Lingkup:
·
Pasar
Lokal
·
Pasar
Nasional
·
Pasar
Internasional
4.
Berdasarkan
hubungannya dengan proses produksi:
o
Output:
Barang atau produksinya siap pakai.
o
Input:
Barang atau produknya setengah jadi.
5.
Berdasarkan
strukturnya:
·
Pasar
Persaingan sempurna
Pembelinya
banyak, penjualnya banyak. Jadi transaksi normal.
·
Pasar
Persaingan tidak sempurna
ü
Pasar
monopoli
ü
Pasar
poligopoli
ü
Pasar
monopsoni
(Sumber: www.google.co.id)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar