Sumber daya konsumen dan pengetahuan
yang dimiliki konsumen akan suatu produk sangat mempengaruhi tingkat pembelian.
Setiap konsumen memiliki cara pandang dan selera yang berbeda. Dari selera dan
cara pandang inilah yang membuat mereka membeli atau tidak suatu barang.
Seseorang dapat mengetahui karakteristik dan manfaat tersebut tidak lepas dari
usaha produsen mempromosikan produk jualannya. Dengan promosi yang gencar dan
unik ditambah dengan produk yang baik pasti akan membuat penjualan produknya
akan meningkat.
Dari segi pendapatan atau ekonomi
konsumen
Sebagai produsen kita wajib menentukan
lokasi yang tepat. Harga yang kita tentukan haruslah tepat dengan lokasi tempat
kita memasarkan produk. Dengan penataan tempat dan harga yang cocok dengan
lokasi menentukan besar dan kecilnya penjualan. Misalnya: memasarkan mobil mewah
di kalangan menengah ke bawah itu akan membuat penjualan tidak setinggi di
tempat kalangan menengah ke atas. Dan sebaiknya sebagai produsen memilih lokasi
baru atau memasarkan produk yang sesuai.
Dari segi pengetahuan
Usaha produsen dalam memasarkan
barangnya harus bisa membuat sudut pandang yang baik dimata konsumen. Agar
konsumen dapat tertarik dan membelinya. Produsen juga harus dengan sigap
membaca peluang pasar yang ada seperti informasi yang sedang ramai di kalangan
konsumen guna meningkatkan penjualan. Jangan sampai kita (produsen) membuat atau
memasarkan suatu barang yang ternyata di kalangan konsumen itu kurang berguna.
Produk memiliki banyak ciri dan kegunaan. Dengan inovasi yang berbeda di antara
pesaing itu bisa menguntungkan produsen. Sebagai produsen harus dengan baik
membaca peluang yang ada yang produknya sangat diminati oleh konsumen. Dan produk
itu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar