Cari Blog Ini

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengaruh Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan Terhadap Pembelian


Sumber daya konsumen dan pengetahuan yang dimiliki konsumen akan suatu produk sangat mempengaruhi tingkat pembelian. Setiap konsumen memiliki cara pandang dan selera yang berbeda. Dari selera dan cara pandang inilah yang membuat mereka membeli atau tidak suatu barang. Seseorang dapat mengetahui karakteristik dan manfaat tersebut tidak lepas dari usaha produsen mempromosikan produk jualannya. Dengan promosi yang gencar dan unik ditambah dengan produk yang baik pasti akan membuat penjualan produknya akan meningkat.
Dari segi pendapatan atau ekonomi konsumen
Sebagai produsen kita wajib menentukan lokasi yang tepat. Harga yang kita tentukan haruslah tepat dengan lokasi tempat kita memasarkan produk. Dengan penataan tempat dan harga yang cocok dengan lokasi menentukan besar dan kecilnya penjualan. Misalnya: memasarkan mobil mewah di kalangan menengah ke bawah itu akan membuat penjualan tidak setinggi di tempat kalangan menengah ke atas. Dan sebaiknya sebagai produsen memilih lokasi baru atau memasarkan produk yang sesuai.
Dari segi pengetahuan
Usaha produsen dalam memasarkan barangnya harus bisa membuat sudut pandang yang baik dimata konsumen. Agar konsumen dapat tertarik dan membelinya. Produsen juga harus dengan sigap membaca peluang pasar yang ada seperti informasi yang sedang ramai di kalangan konsumen guna meningkatkan penjualan. Jangan sampai kita (produsen) membuat atau memasarkan suatu barang yang ternyata di kalangan konsumen itu kurang berguna. Produk memiliki banyak ciri dan kegunaan. Dengan inovasi yang berbeda di antara pesaing itu bisa menguntungkan produsen. Sebagai produsen harus dengan baik membaca peluang yang ada yang produknya sangat diminati oleh konsumen. Dan produk itu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar