Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Tips Menghindari Penipuan dari Pembelian Secara Online


Di jaman modern ini teknologi semakin berkembang. Banyak macam bisnis kini mulai bermunculan, salah satunya pembelian online. Dengan adanya pembelian online dapat mempermudah terjadinya transaksi jual beli. Tapi tidak menutup kemungkinan itu memperbesar tingkat kriminalitas khususnya melalui media maya seperti ini. Jika kita tidak pintar-pintar berbelanja online dalam memilih tempat kita belanja, kita akan tertipu. Berikut sedikit tips agar Anda terhindar dari penipuan belanja online:
  1. Kenali dan lihat website atau Online Shop tersebut.
Umumnya setiap online shop yang memang jujur melakukan penjualan secara online akan mengatur website secara lebih simple atau mudah bagi pembeli. Usahan website bukan dari website gratisan.
  1. Lihat apakah banyak orang sudah berbelanja di shop tersebut. Kemungkinan besar banyak pembeli berarti shop tersebut dapat dipercaya.
  2. Perhatikan setiap comment yang ada, jangan sekali-sekali percaya kan shop tersebut jika ada banyak comment tidak baik.
  3. Cermati promo-promo yang ada. Jangan mudah tergiur oleh promo-promo. Lebih pikir secara logis dari apa yang kita lihat.
  4. Cermati cara dan tahap pemesanan. Atm yang mesti digunakan sesuai agar tak ada kesulitan lebih lanjut.
  5. Untuk memperyakin hati Anda, lakukan pembelian online pada shop yang memiliki toko secara nyata. Dan lakukan transaksi secara COD (Cash on Delivery) dimana Anda dapat bertemu langsung dan melakukan transaksi di tempat yang dijanjikan.
  6. Setelah Anda sudah merasa yakin, lakukan pembelian dan bersikap jujur. Jangan sekali-kali Anda melakukan pembelian dengan keraguan.
Ketujuh tips singkat  di atas semoga bermanfaat bagi para pembaca. Tetap waspadai setiap bisnis online. Jangan mudah tergiur bahkan tertipu oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar