Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen


Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen. Faktor pertamaadalah konsumen individual. Artinya, pilihan untuk membeli suatu produk denganmerek tertentu dipengaruhi oleh hal-hal yang ada pada diri konsumen. Faktor yang kedua yaitu lingkungan yang mempengaruhi konsumen. Faktor ketiga yaitu stimuli pemasaran atau juga disebut strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang banyak dibahas adalah satu-satunya variabel dalam model ini yang dikendalikan oleh pemasar. (Sutisna, 2002 : 6)
Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang oleh Assael disebut need arousal . (Sutisna, 2002 : 15)
Ada 2 perspektif dalam keputusan pembelian oleh konsumen yang disebut sebagai
 perspektif experiential dan perspektif pengaruh perilaku.
1.      Perspektif ExperientialProses pengambilan
Keputusan pembelian oleh konsumen yang didasarkanatas perspektif experiental adalah bahwa banyak tindakan yang dihasilkan dariadanya kebutuhan manusia pada perasaan-perasaan dan emosinya.Terdapat dua jenis keputusan pembelian ditinjau dari perspektif experiential, yaitu :
a. Purchase Impulse
Pembelian yang dilakukan ketika konsumen mengambil keputusan pembelian yang mendadak. Dorongan untuk  melakukan pembelin begitu kuat, sehingga konsumen tidak lagi berpikir rasional dalam pembeliannya. Dengan demikian pembelian yang dilakukan terjadi akibat letupan-letupan emosi yang bersifat kompleks.
b.Variety Seeking 
Pembelian yang dilakukan ketika konsumen melakukan pembelian secaraspontan dan bertujuan untuk mencoba merek baru dari suatu produk. Variety seeking dikategorikan pada perspektif experiential karena dalam proses pembelian produk oleh konsumen dipengaruhi oleh perasaannya.

2.   Perspektif Pengaruh Perilaku
Proses pengambilan keputusan ditinjau dari perspektif pengaruh perilakumendasarkan pada alasan bahwa keputusan pembelian lebih dipengaruhi olehlingkungan yang mengitarinya. Lingkungan dimana konsumen berada akanmempengaruhi perilaku dalam keputusan pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar