Terdapat tiga faktor yang
mempengaruhi pilihan konsumen. Faktor pertamaadalah konsumen individual.
Artinya, pilihan untuk membeli suatu produk denganmerek tertentu dipengaruhi
oleh hal-hal yang ada pada diri konsumen. Faktor yang kedua yaitu lingkungan yang
mempengaruhi konsumen. Faktor ketiga yaitu stimuli pemasaran atau juga
disebut strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang banyak dibahas adalah satu-satunya
variabel dalam model ini yang dikendalikan oleh pemasar. (Sutisna, 2002 :
6)
Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian
suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan
yang oleh Assael disebut need arousal . (Sutisna, 2002 : 15)
Ada 2 perspektif dalam
keputusan pembelian oleh konsumen yang disebut sebagai
perspektif
experiential dan perspektif pengaruh perilaku.
1.
Perspektif ExperientialProses pengambilan
Keputusan pembelian oleh konsumen yang didasarkanatas perspektif experiental adalah bahwa banyak tindakan yang dihasilkan dariadanya
kebutuhan manusia pada perasaan-perasaan dan emosinya.Terdapat dua jenis keputusan
pembelian ditinjau dari perspektif experiential, yaitu :
a. Purchase Impulse
Pembelian yang dilakukan
ketika konsumen mengambil keputusan pembelian yang mendadak. Dorongan untuk melakukan pembelin begitu kuat, sehingga konsumen
tidak lagi berpikir rasional dalam pembeliannya. Dengan demikian pembelian
yang dilakukan terjadi akibat letupan-letupan emosi yang bersifat kompleks.
b.Variety Seeking
Pembelian yang dilakukan ketika konsumen melakukan pembelian secaraspontan
dan bertujuan untuk mencoba merek baru dari suatu produk. Variety seeking dikategorikan
pada perspektif experiential karena dalam proses pembelian produk oleh
konsumen dipengaruhi oleh perasaannya.
2. Perspektif
Pengaruh Perilaku
Proses pengambilan keputusan ditinjau dari perspektif pengaruh perilakumendasarkan pada alasan bahwa keputusan pembelian lebih dipengaruhi olehlingkungan yang mengitarinya. Lingkungan dimana konsumen berada akanmempengaruhi
perilaku dalam keputusan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar