Pengaruh
lingkungan antara lain budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan
situasi.Budaya mengacu pada nilai, gagasan, artefak
dan simbolsimbol lain yang bermakna yang membantu individu untuk berkomunikasi,
melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat.
Faktor budaya
merupakan karakter yang penting dari suatu sosial yang membedakannya dari
kelompok kultur lainnya (Lamb, 2001:202). Menurut Purimahua (2005 :545), faktor
budaya adalah kebiasan suatu masyarakat dalam menanggapi sesuatu yang dianggap
memiliki nilai dan kebiasaan, yang bisa dimulai dari mereka menerima informasi,
posisi sosial mereka dalam masyarakat, dan pengetahuan mereka tentang apa yang
mereka rasakan.
Budaya adalah
penentu yang mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya adalah
sekelompok nilai-nilai sosial yang diterima masyarakat secara menyeluruh dan
tersebar kepada anggota-anggotanya melalui bahasa dan simbol-simbol. Setiap
budaya terdiri dari sub-sub budaya yang lebih kecil yang menyediakan
identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik bagi anggota-anggotanya.
Subbudaya meliputi kebangsaan, agama, ras dan daerah geografis
(Anoraga,2000:227).
Hubungan Faktor Budaya dengan Keputusan
Pembelian
Faktor budaya merupakan sekelompok
nilai-nilai sosial yang diterima masyarakat secara menyeluruh dan tersebar
kepada anggota-anggotanya melalui bahasa dan simbol-simbol (Anoraga, 2007:227).
Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dan mendalam pada tingkah laku konsumen.
Pemasaran harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budayabudaya,
sub-budaya, dan kelas sosial. Budaya mengacu
pada gagasan, simbolsimbol yang memiliki makna untuk berkomunikasi, nilai,
melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat. Budaya dapat
dilihat darikepercayaan, pandangan dan kebiasaan konsumen terhadap suatu
produk. Semakin tinggi kepercayaan terhadap produk, maka semakin tinggi
keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Hasil penelitian Purimahua (2005)
dan Sriwardingsih, dkk (2006) menunjukkan bahwa budaya berpengaruh keputusan
pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar